Get 4Shared Premium! TrialPay Referral Program

Minggu, 28 Maret 2010

Tips dan Trik Menjadi Band Komersial


JANGAN bersedih jika punya band namun masih belum komersial. Bekerja keras menjadi yang terbaik di daerah dan terus berkarya adalah kunci menembus industri musik tanah air.Demikian terungkap dalam gelaran acara Tips dan Trik Menjadi Band Komersial yang digagas Indosat di Aula Palimasan Lantai V Gedung Djok Mentaya, Banjarmasin Post Group, Jumat (26/3/2010).
Puluhan anak-anak band lokal di Banjarmasin dan sekitarnya antusias menghadiri acara tersebut. Mereka tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk bertemu dengan sejumlah tokoh musisi tingkat nasional yang hadir sebagai pembicara.
Para pembicara yang hadir tersebut seperti Kunto Handoyo dari Keci Music, musisi Purwatjaraka dan pengamat musik tanah air, Bens Leo.
"Jadilah raja lokal sebelum bisa tampil di even nasional," kata Kunto Handojo.
Marketing Director Keci Music ini juga mengingatkan agar musisi daerah tidak menyia-nyiakan kesempatan bertemu dengan orang bekerja di industri musik tanah air. Sebab dengan dekat pelaku industri musik akan menjadi salah satu cara mengenalkan band yang dimiliki sehingga ada peluang dikomersialkan.
Namun, Kunto juga berpesan supaya band yang sudah mulai dikenal orang tidak menjadi sombong. Sebab, selain memiliki talenta yang kuat, sebuah band bisa menjadi terkenal juga karena adanya kesempatan.Purwatjaraka yang tak lain kakak penyanyi Tri Utami juga melontarkan pesan yang sama. Dia mengatakan tak bisa ditampik kiblatnya industri musik tanah air memang di Kota Jakarta. Namun bukan berarti bila ingin dikenal harus berangkat ke Jakarta.
"Berkaryalah dulu untuk menjadi yang terbaik di tingkat lokal dulu," ujar lelaki yang akrab disapa Kang Purwa ini.Dia mencontohkan grup band Gigi yang mampu bertahan 17 tahun lamanya. Rahasianya, karena mereka serius mendalami musik dan terus berkarya.
Purwatjaraka mengakui tidak begitu tahu persis perkembangan band di Banjarmasin. Namun dilihat sepintas, dia menilai band di Banjarmasin cukup potensial bisa terkenal dan menjadi komersil.
Pimpinan Indosat Banjarmasin, Syamsul Bachtiar mengaku bangga dengan kehadiran anak band banua. Karena itulah pihaknya pada April mendatang akan kembali menggelar acara dengan tajuk Unsigned Group Competition."Nantinya band yang terbentuk bisa ikut audisi yang berhadiahkan sebuah gitar milik anak band J Rocks," beber Syamsul. Sementara itu Pemimpin Perusahaan Banjarmasin Post Group, Wahyu Indriyanta mengatakan siap mempromosikan band-band yang potensial di Banjarmasin.
Selain diisi dengan pemaparan dari para pembicara, acara kemarin berlangsung meriah dengan hiburan dari sejumlah band lokal seperti Sesa And The Logic serta The April.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar