Get 4Shared Premium! TrialPay Referral Program

Selasa, 12 Januari 2010

Warteg Boys


Apresiasi untuk Warteg Boys dengan lagunya yang berjudul "Oke lah Kalau Begitu". Saya menganggapnya inilah hip hop / rep sejati ala Indonesia. Sebuah revolusi Hip Hop tidak harus ngerpek total milik orang lain, tapi kreatif dan punya jati diri dengan versi Indonesia.
Sangat nampak revolusi terjadi, dilihat dari mulai nada, lyric, pakaian (video klip), dsb. Inilah yang dinamakan revolusi hip hop sedang terjadi, meskipun sebelumnya hampir mirip dengan semangat yang sama ada Javanesse Hip Hop.
Dalam hal ini, saya bukan pengamat musik, tapi tiap hari mendengarkan musik. Karena seni itu milik tiap pribadi yang hadir di Jiwa, maka pengamat musik berhak lahir dimana saja. Tidak perlu ahli, karena ini sudah masuk pada wilayah seni dimana rasa yang berbicara. Jadi jika ada orang mengatakan pada orang lain "tidak mengerti musik", maka dia itulah sebenarnya yang tidak mengerti seni.
Mulanya saya mendengar lagu rap itu mirip orang ngomong biasa, di Kulon (barat) sana tentu logat dan nadanya tentu sesuai apa yang mereka miliki. Anehnya, di Indonesia banyak lagu rap juga nyontek dari aslinya, bukan membuat dengan logat local. Warteg Boys hadir dengan semangat revolusi dari dan untuk Indonesia. Meskipun dengan logat kawasan tegal dan sekitarnya, diharapkan nanti lahir Hip Hop baru dengan versi Madura, Batak, Bugis, Sunda, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar